20 November 2015

Sentul masuk agenda gelaran MotoGP 2017

sirkuit sentul terbaru, sirkuit sentul direnovasi, sirkuit sentul motogp, sentul masuk agenda motogp 2017
Roy & Ryo Blogs - Setelah perdebatan yang sengit tentang dimasukannya atau tidak Sirkuit sentul, Kejelasan itu seolah sudah menjadi kenyataan. Pihak Dorma dan Menpora bertemu untuk membahas pagelaran Pacu Motor Terpopuler di dunia ini. Dan kesepakatan pun sudah dibuat. Yap, Sentul akan masuk dalam agenda MotoGP untuk tahun 2017. Hal itu diutarakan oleh Tinton Soeprapto selaku Director dari Sentul International Circuit. Sirkuit Sentul sebenarnya sudah pernah menyelenggarakan event MotoGP pada tahun 1996 dan 1997. Kala itu Valentino Rossi sendiri masih berada di kelas 125cc ( Sekarang Moto3 ). 



sentul motogp, motogp terbaru, berita motogp, sentul terbaru



Kepitisan ini sendiri didasari oleh Letter Of Intent ( LOI ) yang telah ditandatangani oleh Menpora terkait perencanaan penyelenggaraan MotoGP di Indonesia. Dengan telah disetujuinya LOI oleh Menpora. Berarti tinggal satu langkah lagi yang dibutuhkan Indonesia untuk dapat menyelenggarakan gelaran MotoGP.

Syarat itu adalah Merombak besar - besaran Sirkuit Sentul. Tinton Soeprapto menyadari hal itu dan segera melakukan perombakan pada Sirkuit Sentul. Dana yang digunakan terbilang besar. Menurut info dari kabar berita. Anggaran yang dibutuhkan untuk menyelenggarakan MotoGP sekitar 200 Miliar Rupiah. 

Sementara itu Pemerintah hanya dapat membantu 5 Miliar rupiah dan sisanya diharapkan pihak swasta dan sponsor dapat menanggungnya.

Pihak perancang Sirkuit Sentul juga tidak main - main. Pihak sentul mendatangkan konstruktor sekaligus Desainer sirkuit asal Jerman yaitu Tilke. untuk merombak sirkuit Sentul. Tilke sendiri sudah berpengalaman menjadi "Perombak Sirkuit" Sirkuit yang pernah ditanganinya pun berkelas internasional. Seperti Texas, Shanghai dan lain - lain.

Rencananya, Sirkuit sentul akan diperpanjang yang pada mulanya berjarak sekitar 3.95 Km menjadi 4.4 Km. Total akan ada kurang lebih 14 Tikungan di Sirkuit sentul ini. Perubahan paling mencolok pada sirkuit yang sukses menyelenggarakan MotoGP tahun 1996 dan 1997 ini ada pada tikungan ke 6 dan 7.

Sirkuit Sentul sendiri akan memberikan ruang Overtake untuk pembalap. Selain itu, Lebar Sirkuit juga akan diperpanjang hingga 15 meter. Trek lurus juga akan ditambahkan pada sirkuit ini, yang akan membuat para Pembalap sangat leluasa memacu motornya pada kecepatan maksimum.

Selain dari sisi Teknis Sirkuit, faktor nonteknis juga akan sedikit dirombak. Yap, Tribun untuk menyaksikan Valentino Rossi CS berlaga akan ditambah yang nantinya total ada 13 Buah tribun. Tentunya itu akan membuat leluasa penonton yang datang baik lokal maupun mancanegara.

Struktur sirkuit Sentul sendiri akan dibuat seperti sirkuit yang ada di Monaco. Disekitar sirkuit akan dibangun hotel dan Kasino. Yang nantinya diharapkan akan menjadi pemasukan tambahan untuk Sirkuit Sentul.

Sentul sendiri akan siap digunakan pada bulan Januari / Februari 2017. Dan sudah siap untuk menyambut MotoGP 2017. 

Selain Sentul rupanya ada sirkuit lain yang diberikan lampu hijau untuk menyelenggarakan MotoGP. Sirkuit di Wales. Kemungkinan besar juga akan menyelenggarakan MotoGP. Namun, tidak diketahui kapan mereka akan menyelenggarakan MotoGP.

Sekian Artikel yang dapat saya berikan. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini. Sampai Jumpa di lain kesempatan.

SHARE THIS POST   

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati

23 comments:

  1. wah keren, moga aja berjalan dengan baik ya. lumayan tuh nambah pendapatan sana...

    ReplyDelete
  2. Tp bentuk lintasan ny kebnyakan.lurus ny yaa. . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang cenderung dibuat banyak trek lurus gan

      Delete
    2. masalah lurus atau nggak nya mnurut aku gak masalah gan, yg pnting bsa di kenal bnyak orang dan negara2 lain.

      Delete
    3. betul itu gan. saya setuju.

      Delete
  3. Wah kereen udah bisa liat langsung moto gp neh :v

    ReplyDelete
  4. dengan dibuatnya sentul jd sirkuit berkelas internasional, semoga saja bisa melahirkan pembalap2 seperti rosi...

    ReplyDelete
  5. Kalo bener jadi mah, ane nonton terus ini mah. deket dari rumah :D

    ReplyDelete
  6. Coba kalo tempatnya lebih deket lagi sama Tangerang selatan , mungkin sekeluarga saya nonton disono .
    Apalagi kalo tiket masuknya murah :D
    Makasih buat infonya mas :)

    ReplyDelete
  7. Saya Juga Baru tau nih. Trimakasih Atas Infonya.
    salam Mas Semut

    ReplyDelete
  8. wah bisa lihat langsung nih, ane mau lihat idola gua rossi :D

    ReplyDelete
  9. semoga aja sirkuit ini tidak dipakai untuk balapan liar lagi tp di pakai untuk ajang bergengsi kualiatas dunia

    ReplyDelete