26 January 2016

Cara lengkap membuat Blog untuk Pemula

membuat blog pemula, membuat blog untuk pemula, blog pemula
Cara lengkap membuat Blog untuk Pemula ( sumber : blog.waroengweb.co.id )
Roy & Ryo Blogs - Banyak hal yang mendasari kita untuk mencoba berpikiran luas kedepan. Hal itulah salah satu yang kalian pikirkan saat mencoba untuk menjadi Blogger. Keadaan mungkin adalah salah satu faktor yang mendasari kita untuk mencoba membuat blog. Jika kalian berpikiran seperti yang saya utarakan. Berarti kita senasib. Memang tidak mudah untuk mengawali suatu hal. Apalagi berkenaan dengan yang namanya Blog. Jika kalian ingin mendapatkan suatu hal yang maksimal. Pastinya harus diikuti dengan kerja keras serta pantang menyerah. Tidak ada suatu cara yang berakhir secara Instant. 


Semua cara harus ditempuh dengan kerja keras. Nah, untuk itulah pada kesempatan kali ini, Roy & Ryo Blogs akan membahas lengkap. Hal - hal yang harus kalian perhatikan untuk membuat Blog bagi kalian yang pemula. Jika kalian berkunjung ke blog saya ini. Pasti kalian juga tidak menyangka akan ada visitor setiap harinya. Meskipun hanya 50 orang perharinya. 

Kalian pasti mempunyai faktor lain mengapa kalian ingin menjadi seorang Blogger. Pasti adalah kebutuhan ekonomi. Yap, Banyak dari kalian pasti mendasari tujuan untuk mendapatkan tambahan uang. Dengan blog, mungkin akan bisa mengubah nasib kalian. Oke, tanpa panjang lebar. Inilah hal yang harus diperhatikan untuk membuat blog bagi pemula.


Langkah Pertama : Pastikan kalian mempunyai akun Gmail


Hal terpenting agar bisa mendaftar di Blogger adalah akun Gmail. Yap, Per November 2015 kemarin. Google sudah mengakuisisi sepenuhnya Blogger. Hal itu bisa dibuktikan di Dashboard Blogger kalian ( Jika kalian sudah mendaftar di blog. ) Dashboard yang pada mulanya bertuliskan Blogger sekarang sudah tergantikan dengan Google. 

Maka dari itu untuk memulai membuat blog, kalian harus mempunyai Akun Gmail terlebih dahulu. Cara membuatnya pun tidaklah sulit. Kalian tinggal masuk ke www.Blogger.com nantinya kalian akan diminta untuk memasukkan Username serta Password. Jika kalian memiliki akun Gmail bisa langsung masuk. Tetapi, jika kalian belum memiliki akun Gmail. 

Kalian bisa klik " Create an Account " dibawah fitur Login Gmail. Untuk membuat akun Gmail ini sendiri. Kalian hanya membutuhkan sekitar 3 menit untuk membuatnya. Setelah kalian mempunyai akun Gmail. Berarti kalian sudah siap untuk mendaftar ke Blog.

Setelah sukses membuat akun gmail. Nantinya kalian akan disuguhkan tampilan seperti ini

cara daftar blog bagi pemula, cara buat blog untuk pemula, blog untuk pemula
Tampilan menu Home dari Blogger
Setelah itu silahkan klik "Blog Baru" untuk mulai membuat blog kalian.


Langkah Kedua : Pilih Template blog kamu


Setelah sukses membuat Akun Gmail. Kini saatnya kamu membuat Blog ! Hal selanjutnya yang harus kalian pahami adalah memilih Template Blogger terlebih dahulu. Bagi kalian yang mungkin sudah membaca tentang Template Responsive. Tidak perlu membuat template kalian responsive terlebih dahulu. Namun, pikirkan untuk membuat design dan kerangka blog kalian. Nantinya, seiring waktu berjalan. Kalian bisa mengubah template bawaan Blogger ini ke Template Responsive. 

Biasanya ( Menurut pengalaman saya ) sebelum memilih template. Kalian diharuskan untuk membuat address bar serta nama blog kalian terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan untuk memberitahu Google bahwa Blog kalian akan tampak di pencarian serta dapat diakses oleh pengunjung. Tips yang saya dapat berikan. Isilah nama Blog seunik mungkin. Jika kalian memilih nama blog yang tidak unik. Kemungkinan Homepage yang muncul di Penelusuran Google akan sangat sulit. 

Karena nama yang kalian gunakan sudah digunakan oleh banyak orang. Setelah kalian selesai memilih nama blog kalian. Sekarang kita beralih ke URL atau address bar untuk blog kalian. Usahakan untuk mengisi URL Blog semudah mungkin. Sehingga, jika ada visitor atau pengunjung yang menyukai isi artikel kalian kelak. Tidak akan sulit untuk menuliskan URL blog kalian. 

Contohnya seperti blog saya ini. Blog saya bernama Roy & Ryo Blogs serta URL yang ada pada address bar kalian. Mudah diingat bukan ? Daripada saya membuat persis seperti judul nama blog saya untuk menjadi URL blog. Akan sangat sulit tentunya untuk pengunjung yang ingin mengunjungi blog saya kembali. Setelah sukses. 

Kalian bisa memilih Template yang disediakan oleh Blogger. Disini. Kalian bisa memilih berbagai template sesuai keinginan kalian. Pilihlah Template yang Kontras atau Warnanya tidak mengacaukan penglihatan. Artinya Template dengan artikel yang akan kalian buat nantinya tidak membutakan mata. Jika kalian masih bingung, saya akan berikan perumpamaan. 

Semisal Template Blog kalian berwarna kuning. Lalu kalian ingin menulis artikel yang warna tulisannya berwarna biru. Tentu saja, hal itu akan membuat para pengunjung tidak nyaman, karena warna template dengan tulisan artikel kalian mennyilaukan. Benar kan ? Jika sudah memilih Template yang kalian inginkan, berdasarkan pertimbangan yang saya berikan. Berarti, kalian siap untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.

cara dapat template blog, template bawaan blog, cara membuat blog bagi pemula
Pilihan Template untuk blog baru

Langkah Ketiga : Jangan pikirkan menulis artikel, Atur terlebih Widget yang ingin kalian tambahkan.



Penampilan akan lebih baik daripada isinya. Bukan begitu sobat ? Untuk memulai menjadi blogger. Alangkah baiknya kalian membuat atau menambahkan widget terlebih dahulu. Selain memperindah blog kalian. Widget juga membantu para pengunjung kalian menavigasi menu serta apa saja yang ada pada blog kalian. Alangkah baiknya kalian menambahkan Widget seperti Jam, Translate, Blog Archive, Popular Post, dll. Untuk menambahkan Widget - widget tersebut di blog kalian. 

Kalian bisa langsung menuju ke Tata Letak di Blog Dashboard. Nantinya kalian bisa menambahkan Widget yang kalian inginkan disana. Selain menambahkan widget dari Blog. Kalian juga bisa menambahkan widget lain. Biasanya banyak blog yang membahas tentang hal tersebut. Jika kalian sudah menemukan Widget dari Blog lain. Dan ingin menempatkannya di blog kalian. 

Caranya mudah. Cukup copy kode HTML Widget yang akan kalian ingin tambahkan. Lalu, setelah itu masuk ke Blog Dashboard dan Pilih Tata Letak. Lalu cari tambahkan widget dan pilih HTML/JavaScript. Tinggal paste kode kalian disitu lalu simpan. Untuk mengecek apakah Widget tersebut berfungsi. Silahkan klik Lihat Blog di bawah address bar kalian. 

widget blog, menambahkan widget pada blog untuk pemula, buat blog bagi pemula
Letak Widget beserta susunan lokasinya

Langkah Keempat : Mulailah membuat artikel.



Setelah Widget serta Template sudah kalian siapkan. Sekaranglah waktunya untuk menulis artikel. Sebelum kalian menulis artikel. Ada baiknya kalian melakukan Meta Tag dan Meta Deskripsi. Hal ini sangat penting mengingat Meta Tag dan Meta Deskripsi sangat kuat pengaruhnya saat seseorang mencari sebuah referensi di sebuah blog. Untuk informasi lebih lanjut kalian bisa membuka artikel yang sudah saya buat sebelumnya

Note : Karena artikel diatas dalam bahasa inggris, silahkan gunakan translator disamping untuk mengubahnya dalam bahasa indonesia.

Setelah kalian sudah melakukan optimalisasi pada Meta tag dan meta deskripsi. Sekarang waktunya kalian memulai membuat artikel. Artikel yang baik adalah artikel yang mengandung Suatu jalan keluar bagi pengunjung atau bisa menjadi referensi bagi pengunjung itu sendiri. Optimalisasi SEO juga sangat penting kaitannya dengan membuat suatu artikel. 

Bagi kalian yang awam dengan SEO. Saya akan menjelaskan sedikit mengenai SEO ini. SEO adalah kepanjangan dari Search Engine Optimalization. SEO ini sendiri berguna untuk memudahkan Search Engine atau biasa kita sebut dengan Mesin Pencari mendeteksi sebuah topik baru yang kita buat. Dalam hal ini adalah Artikel. SEO ini dibagi menjadi 2, yaitu SEO On Page serta SEO Off Page. 

Saya tidak akan membahas hal ini terlebih dahulu. Karena kita masih dalam proses pendalaman. Materi ini akan saya terangkan di lain kesempatan. Untuk memulai membuat sebuah artikel. Kalian masuk terlebih dahulu di Blogger Dashboard dan pilih Entri Baru untuk memulai. Kalian nantinya akan disuguhkan dengan berbagai pilihan seperti Bold, Italic, dan sebagainya. Hal itu akan digunakan sebagai penunjang dalam pembuatan artikel. 

cara membuat artikel baru, cara membuat artikel yang baik, buat blog pemula
Lokasi untuk membuat artikel baru

Sekarang Kita kenali terlebih dahulu pilihan yang ada di samping kanan kalian. Yang pertama adalah Label. Label sendiri digunakan untuk mengelompokkan artikel yang kalian buat. Jadi, jika semisal kalian membuat artikel tentang berita. Kalian bisa mengisi kolom Label tersebut dengan Berita. Label sendiri bisa diisi lebih dari satu topik. 

setelan entri, kegunaan setelan entri, fungsi setelan entri, cara buat blog bagi pemula
Menu Setelan Entri untuk mengoptimalkan suatu artikel


Penggunaan ini digunakan jika artikel yang kalian buat mempunyai kandungan materi yang bisa mencakup lebih dari 1 topik bahasan. Yang kedua yaitu Jadwal. Jadwal digunakan untuk menyetel artikel yang kalian buat. Kalian bisa membuat secara otomatis maupun manual. Hal ini dimaksudkan bagi kalian yang membuat artikel rutin dan mungkin terlewat. Kalian bisa memanipulasi waktu penerbitan dengan menggunakan fungsi jadwal ini. Setelah Jadwal, kita beralih ke Tautan Permanen. 

Tautan Permanen ini berfungsi untuk membuat alamat Address bar suatu artikel. Biasanya fungsi ini akan secara otomatis ditambahkan, ketika kalian menulis suatu artikel. Tapi, kelemahan jika tidak dilakukan manual adalah ketika kalian membuat judul artikel yang panjang. Jika secara otomatis. Judul dalam Tautan permanen akan terbelah ( Tidak mengandung seluruh judul artikel ). Nah, Bagi kalian yang mungkin Perfectionist seperti saya, hehe.. kalian bisa melakukan pengeditan tautan secara manual. dengan mengeklik Tautan Permanen lalu pilih Tautan Permanen Khusus. 

Setelah itu, kalian bisa mengedit judul artikel kalian secara lengkap. Tips dari saya. Jangan sampai melupakan untuk mengedit judul di tautan permanen. Jika artikel kalian sudah terlanjur terpublikasikan. Tautan permanen tidak bisa diubah lagi. 

Jadi pastikan kalian mengingatnya. Selanjutnya kita Skip tentang Lokasi. Pasti diantara kalian sudah mengetahui fungsinya. Iya kan ? Lanjut langsung ke Deskripsi Penelusuran. Pilihan ini akan muncul. JIKA kalian sudah melakukan Tag Meta serta Tag Deskripsi yang sudah saya utarakan sebelumnya. Jika kalian belum melakukan hal tersebut. 

Jangan harap pilihan ini akan muncul. Deskripsi Penelusuran ini berfungsi sebagai Penjelas di sebuah artikel. Tampilan suatu artikel yang sudah diberi Deskripsi Penelusuran akan terlihat seperti yang saya lingkari ini.


cara menampilkan deskripsi penelusuran, deskripsi penelusuran blog, buat blog pemula terbaik
Deskripsi Penelusuran pada suatu artikel
Deskripsi penelusuran ini sangat penting kaitannya. Dan menjadi salah satu hal dasar SEO. Yap, SEO. Dengan fungsi ini memungkinkan kalian untuk mendapatkan banyak pengunjung. Tergantung bagaimana kalian mengutarakan isi deskripsi dari artikel kalian. Nah, Fitur terakhir adalah Pilihan. Fungsi ini tidak berpengaruh apa - apa. Dan saya sarankan tidak perlu mengotak - atik fitur pilihan ini.

Setelah kalian mengetahui semua hal tersebut. Berarti kalian siap untuk membuat sebuah artikel. Ingat ! Artikel yang baik adalah artikel yang mengandung manfaat didalamnya. Tidak hanya manfaat saja. Tapi Jumlah kata dari suatu artikel juga dapat menjadi nilai plus untuk kalian. Semakin banyak jumlah kata yang kalian hasilkan ( Tanpa meninggalkan manfaat yang ada pada artikel ) Tentu akan membuat artikel kalian cepat populer. 

Serta dapat juga menjadi kesukaan Google. Mengapa ? Yap, selain manfaat dalam artikel yang kalian buat, Google juga menilai jumlah kata pada artikel kalian. Jika artikel kalian mengandung banyak jumlah kata serta diimbangi dengan Manfaat yang ada. Google akan merekomendasikan artikel kalian, yang akan berimbas artikel kalian akan bisa masuk dalam daftar halaman pertama Google. 

Langkah Kelima : Terbitkan artikel pertamamu, lalu segeralah membuat Webmaster.


Setelah langkah Keempat berhasil kalian lewati. Sekaranglah waktunya untuk merilis artikel kalian. Setelah selesai membuat artikel, kalian bisa terlebih dahulu mengecek artikel kalian dengan menekan tombol " Pratinjau " diatas setelan entri. Disitu kalian bisa melihat isi artikel yang kalian buat. Jika ada kekurangan atau salah ketik, kalian bisa membenahinya terlebih dahulu. 

Setelah kalian yakin, Silahkan publikasikan artikel yang anda buat. Setelah kalian mempublikasikan artikel. Nantinya, akan muncul tautan untuk membagikan artikel anda ke Google+. Lakukan saja ! hal itu akan menambah pemasukan dari Pengunjung kalian.

Setelah kalian sukses membuat artikel pertama kalian. Sekarang waktunya untuk mengembangkan blog yang kalian buat ini. Tips & Trick selanjutnya yang akan saya berikan yaitu mendaftar di Google Webmaster Tools. Apa itu Google Webmaster Tools ? Pasti banyak dari kalian yang langsung menanyakan hal ini. Oke, akan saya jelaskan. 

Webmaster Tools sendiri adalah alat untuk pengembangan Web yang ditujukan bagi pemilik suatu website maupun blog. Fungsi yang ada pada Webmaster Tools ini bermacam - macam, mulai dari perhitungan pengunjung dari sistem Organik ( Search Engine ), lalu pembenahan masalah pada HTML Template kalian, Pengindeksan artikel, dan lain sebagainya. 

Webmaster Tools ini sendiri WAJIB dimiliki para blogger maupun tipe website yang ingin serius untuk mengembangkan website atau blog kalian menjadi viral. Untuk mendaftar kalian bisa membaca artikel lain yang sudah saya buat sebelumnya

cara daftar google webmaster, apa itu webmaster tools, cara buat blog untuk beginner
Tampilan Dasbor Google Webmaster Tools

Setelah berhasil, kalian bisa langsung menggunakan Google Webmaster tools. dan bila kalian ingin setiap artikel kalian terindeks secara cepat. Kalian bisa menambahkan Sitemap ( Peta Situs ) yang fungsinya adalah membuat Robot Google untuk melacak Blog yang kalian buat.

Begitulah dasar - dasar untuk membuat blog bagi pemula. Dengan menerapkan langkah - langkah yang sudah saya berikan. Semoga Blog yang akan anda tekuni bisa berkembang.

Sekian artikel pada kesempatan kali ini, Saya harap apa yang saya tuliskan membantu kalian untuk memulai membuat blog. Jika ada pertanyaan perihal artikel ini, silahkan berkomentar.

Terimakasih telah berkunjung di Roy & Ryo Blogs. Sampai jumpa di lain kesempatan.



SHARE THIS POST   

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati

5 comments:

  1. waaah lengkap nih gan tutorial cara membuat blognya... jelas dan mudah dipahami... terima kasih gan infonya...

    ReplyDelete
  2. bagus ni tutor buat blogger pemula.

    ReplyDelete