17 February 2016

Cara ampuh mengatasi CPU Usage 100% saat memutar file FLV maupun MKV

cara mengatasi cpu usage 100%, cara mengatasi cpu usage full, cara mengatasi cpu usage pada flv, cara mengatasi cpu usage mkv


Roy & Ryo Blogs - Halo semuanya ! Pada kesempatan kali ini saya akan membahas sebuah trik yang mungkin sedang kalian cari. Yap, seperti yang sudah saya deskripsikan pada judul artikel diatas. Saya akan membahas mengenai cara ampuh mengatasi CPU Usage 100 % saat memutar file video Flv maupun Mkv. 

Pasti dari antara kalian jengkel dengan hal yang satu ini. Ya, Sama seperti saya. Ketika memutar video dengan format Flv ( Pada umumnya ) serta Mkv. Seketika CPU Usage langsung melambung tinggi. Bahkan mampu membuat komputer atau laptop tidak berdaya alias prosesnya langsung menjadi lambat. Saya beberapa kali mengalami hal tersebut. Dan juga mencoba beberapa cara untuk mengatasinya. Seperti mencoba menghapus maupun merename file tersebut dengan Unlocker. Namun hasilnya nihil. 




Kejadian seperti ini biasanya ditandai dengan adanya peringatan baik saat mau menghapus file maupun merename file tersebut. Peringatan yang paling sering dialami adalah Access is denied. 

Saya tidak tahu mengapa hal tersebut terjadi. Tapi yang jelas hal tersebut bisa mengakibatkan komputer atau laptop anda bisa berakibat prosesnya menjadi sangat lambat, dan hal yang mungkin bisa terjadi, komputer atau Laptop kalian bisa terjadi Freeze atau Macet. 

Menurut para pakar, hal ini terjadi karena permintaan yang diinginkan oleh explorer.exe dengan saat kita menjalankan file tersebut tidak tercapai. Yang mengakibatkan fungsi dari Explorer.exe yang seharusnya memproses file video tersebut digantikan oleh Proses lain yang mengakibatkan penggunaan CPU atau CPU Usage menjadi maksimum. 

Satu - satunya cara untuk bisa mengembalikan proses tersebut sepenuhnya ke Explorer.exe adalah dengan cara mematikan fungsi pengalih agar Proses lain tidak mengambil alih. Nah, untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial ampuhnya bagi kalian semua.

Berikut langkah - langkah untuk mengatasi CPU Usage 100% saat mengakses file video flv serta mkv :


1. Tutup terlebih dahulu semua file yang berformat flv atau mkv, jika dirasa komputer atau laptop sobat mengalami kelambatan, salah satu cara yang saya terapkan adalah force close salah satu folder apa saja secara random. Hal ini akan membuat CPU Usage yang sebelumnya mencapai 100 % bisa kembali ke posisi normal.

2. Sekarang tekan Start lalu Run.

3. Tuliskan " regedit " pada kolom Run. ( Tanpa tanda petik )

4. Nantinya akan muncul Registry Editor, lalu silahkan cari HKEY_CLASSES_ROOT\CLSID\{c5a40261-cd64-4ccf-84cb-c394da41d590}. Jika kalian kesulitan, kalian bisa menggunakan CTRL + F untuk memudahkan pencarian.

5. Setelah ketemu, silahkan klik dua kali. Nantinya akan muncul sub pilihan yaitu InProcServer32

6. Kalian bisa membackup file tersebut ( Jika terjadi hal yang tidak diinginkan ) dengan mengklik kanan nama file tersebut lalu Export. Nantinya akan diarahkan ke tempat yang ingin sobat tempatkan file tersebut. Setelah itu Save.

7. Setelah terbackup. Sekarang coba lakukan penghapusan key. Penghapusannya dengan cara klik kanan lalu Delete. ( Penghapusan ini dilakukan agar Windows Explorer tidak mengakses shmedia.dll yang membuat penggunaan CPU atau CPU Usage menjadi 100% )

8. Tutup Registry Editor, lalu Sekarang silahkan coba untuk membuka file tersebut kembali.

Bagaimana sekarang sobat sekalian ? Apakah sukses cara yang sudah saya berikan diatas ? Saya telah mencobanya sendiri dengan komputer saya. Dan hal itu terbukti ampuh. Sekarang Komputer saya tidak mengalami hal tersebut.

Sekian artikel pada kesempatan kali ini, jika kalian merasa artikel ini sangat bermanfaat. Silahkan Share artikel ini dengan menekan tombol share dibawah. 

Terimakasih telah berkunjung ke Roy & Ryo Blogs. Terus kunjungi Roy & Ryo Blogs untuk memperoleh tips dan trik jitu lainnya. Sampai jumpa dilain kesempatan.

SHARE THIS POST   

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati

13 comments:

  1. nice post gan .. sanagt keren pokoknya

    ReplyDelete
  2. ane punya pertanyaan ya mas,
    shmedia.dll itu buat apa ya, nanti saya takutnya pas buka apa apa jadi error.
    tapi lumayan lah kadang kadang juga pc jadi hank kalo lagi nonton anime

    ReplyDelete
    Replies
    1. shmedia itu biasanya pengatur munculan windows explorer saat memutar file. inilah yang biasanya menyebabkan error. untuk mengantisipasinya. ada baiknya file tersebut diback up terlebih dahulu. Semoga membantu.

      Delete
  3. Wah sering ngalamin ini gan..
    Thanks ya udh sharing

    ReplyDelete
  4. wihhh mantap nih tipsnya gan.. makasih atas infonya gan

    ReplyDelete
  5. lengkap gan trik nya.... mau ane coba nih.. terima kasih

    ReplyDelete
  6. kalo mengatasi use disk bad ector gmana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti akan dibahas di topik selanjutnya.

      Delete
  7. keren gan tutornya sangat membantu thanks ya gan

    ReplyDelete
  8. hemmm...pucuk di cinta ulampun tiba..gak usah nyari di google malah ada di sini...trimaks banyak gan..

    ReplyDelete
  9. Nice, sangat berwawasan, saya kurang tahu, jadi belajar saja.. :)

    ReplyDelete
  10. thanks gan infonya, sekarang pc ane lancar nih buat play video....

    ReplyDelete
  11. mantap gan tutornya. bermanfaat banget :)

    ReplyDelete