06 February 2016

Pro Kontra Hilangnya Pembaruan Google Chrome di Windows XP dan Vista

pro kontra pembaruan chrome, pembaruan chrome untuk xp dihentikan dan tidak didukung, pembaruan chrome untuk vista dihentikan atau tidak didukung

Roy & Ryo Blogs - Keputusan yang mengejutkan telah diambil oleh pihak Google Browser yaitu Google Chrome. Google Chrome sendiri akhirnya memutuskan untuk tidak memberikan pembaruan untuk pengguna Google Chrome yang menggunakan Windows XP serta Perangkat Windows Vista. Terhitung mulai dari akhir januari 2016 ini. Sebenarnya info perkenaan dengan pembaruan ini sudah lama diumumkan, Tepatnya pada November tahun lalu. 




Reaksi beragam ditunjukkan oleh pengguna setia Google Chrome ini, baik dari pihak Windows XP dan Vista serta pengguna lainnya. Hal tersebut menyebabkan banyak Pro serta Kontra bermunculan dari kalangan yang menggunakan browser yang disebut - sebut adalah browser teringan di dunia ini. 

Ada beberapa alasan mengapa Google Chrome melakukan hal ini. Salah satu alasan yang masih diingat oleh pengguna Windows, terutama Windows XP. 

Yap, Penutupan update untuk Windows XP oleh Microsoft. Microsoft sendiri sudah menghentikan Update perangkat untuk versi Windows XP dimulai awal tahun 2015 lalu.  Hal itu yang mungkin menyebabkan atau menjadi salah satu faktor yang mungkin diperhitungkan oleh Google Chrome untuk menyelesaikan pembaruan bagi Windows XP dan Vista. Meskipun kita tahu bahwa masih ada banyak pengguna yang menggunakan Perangkat satu ini. 

Selain alasan tersebut, Pihak Google Chrome sendiri sedang melakukan riset untuk mengembangkan Google Chrome dengan loading cepat. Yang sayangnya tidak hadir untuk Windows XP serta Vista. Melainkan diperuntukkan untuk OS dengan sistem diatas Windows 7. Langkah yang diambil Google Chrome memang sangat berani. Mengingat banyak user yang masih menggunakan Windows XP serta Vista sebagai perangkat mereka. Selain biaya yang tidak besar. Windows XP pada umumnya. Cocok bagi Gamers karena bisa menjangkau seluruh spesifikasi yang dibutuhkan. Selain karena cocok dengan spesifikasi game apapun. Windows XP serta Vista juga sangat ramah kantong. Sedangkan untuk mempertimbangkan untuk membeli OS yang baru. Akan sulit diwujudkan bagi orang - orang yang berpenghasilan sedang maupun kebawah. 

Maka dari itu, Selanjutnya. pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Dampak yang ditimbulkan dengan Pembaruan yang dihentikan pada Windows XP serta Vista ini. Baik Positif Maupun Negatif. Oke langsung kita bahas kedua hal tersebut.

1. Dampak Positif


A. Hilangnya Kesalahan Pembaruan.


Hal satu ini sering dialami oleh para pengguna Windows XP ( Termasuk Saya ). Dengan dihentikannya pembaruan, maka dapat dipastikan kesalahan pembaruan juga akan hilang. Pasalnya, Pembaruan sudah tidak dilakukan lagi. 

Tentu saja Kesalahan Pembaruan juga akan hilang. Contoh dari kesalahan yang pernah saya alami antara lain. Galat ( Kerusakan Adobe Flash Player ), Tampilan Browser seperti terkelupas ( Pengaruhnya bisa karena RAM. Tapi sebagian besar dikarenakan oleh pembaruan ).

B. Hemat Kuota.


Bagi kalian yang mungkin melakukan koneksi melalui Modem atau perangkat sejenisnya. Yang menggunakan Kuota Internet. Hal satu ini bisa membantu kalian menghemat Kuota Internet kalian. Mengapa ? Yap. Dikarenakan Pembaruan sudah tidak ada lagi. Maka Kuota Internet kalian juga akan aman. 

Pasalnya, setiap pembaruan yang dilakukan oleh Google Chrome dilakukan secara otomatis ( Jika ada Pembaruan baru akan langusung diinstal seketika itu juga.) Jadi, Pengguna tidak akan mengetahui kapan pembaruan itu dipasang. Nah, bagi kalian yang sangat menghemat Kuota. Dampak yang dilakukan Google Chrome ini bisa membantu jika dipandang dari segi Positifnya. Iyakan ?

2. Dampak Negatif


A. Security Pembaruan ( Pengamanan saat kalian menjelajah internet ) Hilang.


Ya, dengan hilangnya pembaruan. Maka perlindungan bagi pengguna saat menjelajah juga tidak akan diperbarui serta juga akan hilang. Hal ini bisa mengakibatkan PC atau perangkat lain yang sobat gunakan bisa terinfeksi virus - virus yang belum tercover karena tidak diperbarui. 

Memang sangat disayangkan Google Chrome menghilangkan pembaruannya pada Windows XP serta Vista. Sekarang pilihan ada ditangan anda. Apakah masih ingin mempertahankan OS anda atau menggantinya. Semoga apa yang saya berikan ini bermanfaat.

Sekian artikel pada kesempatan kali ini, terimakasih telah berkunjung. Sampai jumpa di lain kesempatan.

SHARE THIS POST   

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati

3 comments:

  1. waaah ane baru tau nih gan.... soalnya ane pake firefox sih.. masih bisa update...

    ReplyDelete
  2. wah parah juga mbah google tapi gpp lah jadi lebih hemat kuota thanks gan infonya.

    ReplyDelete
  3. Iya nih, Google Jahat banget, gak mau bikin update lagi buat Win XP & Vista, padahal ane kalo browsing enakan pake PC yang Windows XP daripada Win 7 soalnya enak, enteng browsingnya :D

    ReplyDelete