25 September 2015

Cara memasukkan subtittle pada Video dan Film

Cara memasukkan subtittle pada video dan film
   Selamat sore semuanya ! Roy & Ryo Blog kembali lagi, Bagi kalian yang ingin melihat posting sebelumnya. Silahkan lihat Disini ( Here ). Yap, kali ini saya akan membahas tentang Cara memasukkan subtittle pada Video dan Film. Pasti dari kalian yang mungkin masih baru dalam menikmati video maupun film, belum mengenal apa itu Subtittle. Subtittle sendiri adalah program dimana sobat bisa mengalihkan bahasa video maupun film tersebut ke bahasa yang sobat kehendaki. Saya berikan contoh bagi sobat. Jika sobat suka dengan film Korea. Pasti bingung kan ? Jika sobat tidak menguasai bahasa pada film yang bersangkutan. Nah, Inilah fungsi dari subtittle itu sendiri. Subtittle atau (Sub) itulah yang berperan dalam pengalihan bahasa itu, yaitu bahasa korea menjadi bahasa yang kita kehendaki ( Bisa Bahasa Indonesia maupun English ), Sesuai selera sobat sekalian.


   Nah, Sebelum saya beritahu cara menambahkan subtittle itu ke Video maupun film. Sobat harus tahu terlebih dahulu. Apa perbedaan Sub dengan Dub. Kalau Sub pasti kalian sudah tahu, karena saya sudah jelaskan deskripsinya diatas. Haha... lalu bagaimana dengan Dub. Dub atau dikenal juga dengan Dubbing adalah, Pengalihan Bahasa, intinya sama dengan Subtittle, tapi perbedaan disini adalah Jika Subtittle menggunakan teks sebagai alih bahasanya, berbeda dengan Dubbing yang menggunakan Suara / Pengisi suara sebagai pengalih bahasa. Jadi, Kalian bisa memilih mana yang kalian sukai. Tapi menurut saya pribadi sebagai penyuka film. Saya lebih suka dengan Subttittle, Selain mudah mendapatkannya. Kita juga bisa mendengarkan suara asli dari pengisi suara tersebut. Haha... Saya tidak bermaksud mengarahkan. Karena semuanya menurut selera anda sendiri. Subtittle sendiri dibuat oleh teman - teman kita yang sudah menguasai alih bahasa. Baik dari bahasa Indonesia ke bahasa Korea atau sebaliknya dan lain sebagainya.. haha.. Bagi sobat mungkin yang berminat atau sudah bisa menguasai macam - macam bahasa. Bisa menjadi Subtittleis, haha...

   Biasanya subtittle itu sendiri sudah satu paket dengan film yang sobat download, jadi tenang saja, tidak perlu khawatir sobat. Namun, ada juga subtittle yang abal - abal alias palsu, menurut pengalaman saya sendiri tidak sedikit subtittle yang penerjemahannya buruk, ada yang subtittlenya tidak sesuai dengan apa yang diucapkan oleh pengisi suara, maupun Penerjemahan yang buruk sehingga Subtittle yang tertera tidak sesuai dengan Film tersebut. Maupun juga ada Subtittle yang terlambat ketika pengisi suara sudah berkata - kata.. haha.. Nah, untuk menanggulangi masalah diatas, saya harapkan sobat mendownload paling tidak 2 Subtittle secara bersamaan. Jadi ketika film diputar dan subtittle yang bersangkutan tidak sesuai dengan yang kita harapkan, kita bisa langsung menggantinya tanpa harus mencari. Kan lebih enak kalau dipersiapkan terlebih dahulu. Benar kan, sobat ?

   Oke, Sekarang saya akan beritahu cara yang diperlukan bagi sobat semua agar bisa memasukkan subtittle ke Video maupun Film yang sobat punya.

1. Pastikan sobat sudah mendownload Subtittle film tersebut.

2. Nah, Jika berbentuk Winrar, silahkan extract terlebih dahulu.

3. Biasanya file subtittle berbentuk .srt atau .ass, silahkan sobat cek terlebih dahulu apakah file didalamnya sudah berbentuk seperti itu.

4. Tahap terpenting, silahkan sobat membuka folder film tersebut
Tips : Jangan membuka terlebih dahulu film sobat ke pemutar film.

5. Klik kanan file Film atau Video sobat lalu pilih Rename

6. Copy nama Video atau Film tersebut, Misalkan sebagai contoh : Film sobat adalah Fast & Furious 5.divx, maka Fast & Furious 5 saja yang perlu kalian copy

7. Lalu klik kanan Subtittle sobat,

8. Pilih Rename, hapus nama file subtittle tersebut, kecuali bentuk .srt maupun .ass

9. Setelah itu paste nama itu ke subtittle sobat. Dan tada... Film atau Video sobat sudah terisi subtittle.

   Bagaimana sobat ? Sukses ? Jika masih belum sukses, pastikan subtittle beserta Film atau Video tersebut berada pada satu Folder yang sama, dikarenakan tidak banyak Pemutar Video atau Film bisa membaca subtittle jika tidak berada di folder yang sama.

   Sekian artikel untuk kali ini. Pastikan sobat mendapatkan informasi terbaru lainnya dengan membookmark atau menjadi pengikut blog ini. Karena kami akan memberikan informasi yang lain yang penting dan bermanfaat bagi sobat semua. Terima kasih telah berkunjung. Jika ada dari kalian yang mungkin mempunyai flashdisk yang meminta diformat, sehingga kalian tidak bisa meminta Film atau Video pada teman kalian. Tenang saya sudah menyiapkan Penyelesaiannya, Silahkan baca artikel Cara Memperbaiki Flashdisk dengan Minitool Partition Wizard 9.1 Home Edition. Bingung, Karena berbahasa inggris ? Kalian dapat menggunakan fitur Translate disebelah kanan sobat. Saya sudah sediakan translate untuk Bahasa Indonesia. Oke, Jika ada sesuatu hal yang menjadi unek - unek sobat, Sobat bisa menulis di kolom komentar dibawah, Saya akan berusaha merespon setiap komentar sobat secepat saya bisa. Terima kasih. Sampai jumpa di lain kesempatan.

SHARE THIS POST   

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati

0 komentar: